KOLABORASI GURU DAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN

Nama : Sulastri

NIM: 20325002

Kelas: PGMI A


PENDAHULUAN

   Di era teknologi modern yang terus berkembang, penggunaan teknologi meningkat dengan sangat cepat, terutama dikalangan remaja. Teknologi mencakup beberapa aspek kehidupan termasuk pendidikan. Tidak hanya pada kalangan remaja tetapi anak-anak sudah banyak yang menggunakan teknologi seperti sebagai alat bantu dalam pembelajaran. Guru, sebagai peran utama dalam pendidikan sebaiknya lebih bijak dalam menggunakan teknologi terutama untuk pendidikan. Tidak hanya menggunakan tetapi memanfaatkan teknologi untuk menciptakan pembelajaran yang positif dan efektif. Seiring dengan meningkatnya akses terhadap teknologi dapat meningkatkan tercapainya tujuan pendidikan secara lebih optimal. Dengan adanya kolaborasi guru dengan teknologi akan meningkatkan pembelajaran yang interaktif dan juga adaptif.

   Pada tanggal 25 November sebagai mana diperingati Hari Guru Nasional, menjadikan sebuah penghargaan terhadap kontribusi guru sebagai seorang pendidik yang jasanya sangatlah bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu, perayaan ini tidak hanya sebagai penghargaan seorang guru tetapi juga menghormati segala rintangan yang telah dilaluinya, termasuk kolaborasi dengan teknologi. Oleh karena itu, di zaman digital seperti sekarang kolaborasi pendidik dengan teknologi semakin pesat sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan.

   Penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran sangat signifikan dalam pendidikan. Teknologi sudah melekat pada kehidupan sehari-hari mulai dari anak- anak, kalangan remaja, peserta didik maupun guru. Peran guru tidak lagi hanya sebatas memberi dan menyampaikan ilmu, melainkan sebagai fasilitator yang dapat memanfaatkan platform digital untuk meningkatkan suasana belajar yang komunikatif. Kondisi tersebut memicu adanya kolaborasi antara guru dengan teknologi agar pendidikan dapat berjalan sesuai dengan perkembangan zaman.

PEMBAHASAN

  Pendidikan adalah upaya untuk memberikan aktivitas pembelajaran kepada siswa dengan tujuan meningkatkan potensi siswa. Guru memiliki peran yang sangat penting karena mereka tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga membangun keterampilan dan membangun moral peserta didiknya. Selain itu, Kurniawan (2017:26) berpendapat bahwa pendidikan adalah mengalihkan berbagai nilai, pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan dari generasi tua kepada generasi muda sebagai upaya menyiapkan generasi selanjutnya untuk fungsi hidup, baik jasmani maupun rohani.

Adapun pembahasan dari kolaborasi guru dengan teknologi sebagai berikut:

A.    Peran Guru Dalam Pembelajaran

   Peran guru pada pembelajaran tentunya sangat penting terutama sebagai penggerak utama dalam proses pembelajaran. Guru tidak hanya berbagi ilmu dan wawasan tetapi juga keterampilan yang membuat peserta didik memiliki semangat akan belajar. Guru juga perlu membimbing peserta didik dalam memahami materi, mengembangkan keterampilan dan membentuk karakter.

  Selain itu, seorang guru juga harus memiliki karakteristik yang kompeten (menguasai metode pembelajaran), memiliki empati, komunikatif dan kreatif. Guru yang efektif dan kreatif dapat meningkatkan motivasi siswa dalam proses pembelajaran. Maka dari itu, guru adalah komponen yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran. Seperti yang dikatakan Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Indonesia “Ing ngarsa sung tuladha, Ing madya mangun karso, Tut Wuri Handayani” (Di depan memberi teladan, di tengah membangun semangat, di belakang memberi dorongan).

B.     Peran Teknologi dalam Pembelajaran

   Peran teknologi dalam pendidikan dapat menjadi bagian yang mendukung efektivitas belajar mengajar. Teknologi dapat memungkinkan meningkatkan belajar yang lebih menarik. Teknologi juga memfasilitasi pemanfaatan media visual, audio, maupun digital yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan para peserta didik. Menurut pendapat Tondeur et al (dalam Selwyn,2011), Teknologi digital saat ini digunakan di lembaga pendidikan sebagai alat bantu pengajaran, baik sebagai alat bantu informasi, yang melibatkan perolehan akses ke informasi, atau sebagai alat bantu pengajaran, yang melibatkan bantuan siswa dalam tugas belajar. Selain itu, teknologi membuat pembelajaran menjadi lebih mudah dengan menyediakan sumber pembelajaran yang tidak terbatas yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja, dan siswa akan lebih mudah untuk mengetahui informasi.

 

C.    Kolaborasi Guru dengan Teknologi

   Teknologi adalah sesuatu yang dirancang untuk mempermudah dan menghasilkan sesuatu secara singkat. Sedangkan guru adalah seorang pendidik yang tugas utamanya yaitu mendidik dan membimbing pada jenjang pendidikan. Keduanya sangat penting dalam pendidikan. Dalam konteks teknologi, bukan berarti teknologi dapat menggantikan seorang  guru dalam mendidik, tetapi dapat memperkuat. Dengan adanya kolaborasi antara guru dan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar, guru dapat lebih interaktif, inovatif dan kreatif dalam proses belajar.

   Namun, kolaborasi antara guru dan teknologi ini memiliki dampak negatif, seperti terus

bergantung pada teknologi, minim interaksi antara guru dengan peserta didik, dan juga kemanan privasi dari guru maupun dari peserta didik. Oleh karena itu, guru harus lebih bijak dalam penggunaan teknologi terutama dalam pembelajaran agar dapat menghasilkan lingkungan belajar yang efektif dan pengembangan pengetahuan peserta didik secara maksimal.

 

D.    Manfaat Kolaborasi Guru dan Teknologi

   Manfaat dari adanya kolaborasi guru dan teknologi tentunya banyak, seperti meningkatkan akses pembelajaran. Peserta didik juga dapat mengakses sumber belajar dimana saja dengan adanya teknologi.Selain itu, teknologi juga dapat membantu guru dalam kebutuhan pembelajaran seperti format, vidio, animasi, presentasi dan media visual yang lainya sehingga dapat menyesuaikan dengan materi yang disampaikan. Teknologi pendidikan ini juga membantu meningkatkan minat dan fokus siswa. Misalnya, dengan permainan edukatif,kuis yang menyenangkan, agar siswa tidak merasa bosan akan pembelajaran.  Kolaborasi antara guru dan teknologi ini memberikan manfaat yang signifikan dalam membantu pembelajaran yang lebih inovatif. Dengan memanfaatkan teknologi dalam pendidikan sebagai alat bantu, guru dapat mengoptimalkan tugasnya dalam mendidik  peserta didiknya.

 

E.     Tantangan dalam Kolaborasi

   Selain manfaat yang didapat dari kolaborasi teknologi, adapun tantangan atau kendala dalam dunia digital. Salah satu tantangan utamanya yaitu tidak meratanya akses terhadap jaringan internet, seperti pada daerah terpencil, pedesaan, mau perkotaan dengan infrastruktur yang sangat minim. Hambatan tersebut dapat mengurangi efektivitas dalam proses belajar mengajar berbasis teknologi. Selain itu, kendala lain yang sering terjadi yaitu kurangnya pemahaman guru dalam menggunakan dan mengoperasikan teknologi. Maka dari itu, pada era modern ini perlu adanya upaya untuk meningkatkan kesadaran dalam menggunakan teknologi agar dapat digunakan sebaik-baiknya.

KESIMPULAN

   Kolaborasi antara pendidik dan teknologi memiliki peran krusial dalam meningkatkan semangat belajar mengajar. Dari kerjasama ini memungkinkan kebutuhan siswa dapat terpenuhi secara fleksibel. Sebagai pendidik, guru diharapkan dapat mengoptimalkan penggunaan teknologi dengan kebutuhan siswa. Suksesnya kolaborasi ini bergantung pada kesiapan guru dalam memahami dan menguasai teknologi. Selain itu, kontribusi dari pihak- pihak lain seperti orang tua, pimpinan dari sekolah dan masyarakat juga dapat menjadi faktor suksesnya kolaborasi ini.

   Pada intinya, program ini dapat melahirkan generasi muda yang aktif, berpikir kreatif, dan mampu bersaing dalam dunia digital. Maka, marilah jadikan kolaborasi antara guru dan teknologi sebagi kunci untuk membuka masa depan. Dengan adanya dukungan dari sekolah, orangtua dan masyarakat, kita tidak hanya mengatasi masalah tetapi menciptakan generasi muda yang kompeten Harmoni bukan hanya mengajar, tetapi menginspirasi mimpi besar.

 

Daftar Pustaka

Kurniawan,A .(2017).Deskripsi Kompetensi Pedagogik Guru dan Calon Guru Kimia

SMA Muhammadiyah 1 Semarang. Jurnal seminar nasional pendidikan.

L, Sudarsi. (2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi. Jurnal

pendidikan agama islam. 2(2),95

Post a Comment

0 Comments