Nama : Sulastri
NIM: 20325002
Kelas: PGMI A
PENDAHULUAN
Di era teknologi modern yang terus berkembang, penggunaan teknologi
meningkat dengan sangat cepat, terutama dikalangan remaja. Teknologi mencakup
beberapa aspek kehidupan termasuk pendidikan. Tidak hanya pada kalangan remaja
tetapi anak-anak sudah banyak yang menggunakan teknologi seperti sebagai alat
bantu dalam pembelajaran. Guru, sebagai peran utama dalam pendidikan sebaiknya
lebih bijak dalam menggunakan teknologi terutama untuk pendidikan. Tidak hanya
menggunakan tetapi memanfaatkan teknologi untuk menciptakan pembelajaran yang
positif dan efektif. Seiring dengan meningkatnya akses terhadap teknologi dapat
meningkatkan tercapainya tujuan pendidikan secara lebih optimal. Dengan adanya
kolaborasi guru dengan teknologi akan meningkatkan pembelajaran yang interaktif
dan juga adaptif.
Pada tanggal 25 November sebagai mana diperingati Hari Guru Nasional,
menjadikan sebuah penghargaan terhadap kontribusi guru sebagai seorang pendidik
yang jasanya sangatlah bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu, perayaan ini
tidak hanya sebagai penghargaan seorang guru tetapi juga menghormati segala
rintangan yang telah dilaluinya, termasuk kolaborasi dengan teknologi. Oleh
karena itu, di zaman digital seperti sekarang kolaborasi pendidik dengan
teknologi semakin pesat sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan.
Penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran sangat signifikan dalam
pendidikan. Teknologi sudah melekat pada kehidupan sehari-hari mulai dari anak-
anak, kalangan remaja, peserta didik maupun guru. Peran guru tidak lagi hanya
sebatas memberi dan menyampaikan ilmu, melainkan sebagai fasilitator yang dapat
memanfaatkan platform digital untuk meningkatkan suasana belajar yang
komunikatif. Kondisi tersebut memicu adanya kolaborasi antara guru dengan
teknologi agar pendidikan dapat berjalan sesuai dengan perkembangan zaman.
PEMBAHASAN
Pendidikan adalah upaya untuk memberikan aktivitas pembelajaran kepada
siswa dengan tujuan meningkatkan potensi siswa. Guru memiliki peran yang sangat
penting karena mereka tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga membangun
keterampilan dan membangun moral peserta didiknya. Selain itu, Kurniawan
(2017:26) berpendapat bahwa pendidikan adalah mengalihkan berbagai nilai,
pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan dari generasi tua kepada generasi
muda sebagai upaya menyiapkan generasi selanjutnya untuk fungsi hidup, baik
jasmani maupun rohani.
Adapun pembahasan dari kolaborasi
guru dengan teknologi sebagai berikut:
A. Peran
Guru Dalam Pembelajaran
Peran guru pada pembelajaran tentunya sangat penting terutama sebagai
penggerak utama dalam proses pembelajaran. Guru tidak hanya berbagi ilmu dan
wawasan tetapi juga keterampilan yang membuat peserta didik memiliki semangat
akan belajar. Guru juga perlu membimbing peserta didik dalam memahami materi,
mengembangkan keterampilan dan membentuk karakter.
Selain itu, seorang guru juga harus memiliki karakteristik yang kompeten
(menguasai metode pembelajaran), memiliki empati, komunikatif dan kreatif. Guru
yang efektif dan kreatif dapat meningkatkan motivasi siswa dalam proses
pembelajaran. Maka dari itu, guru adalah komponen yang dapat mempengaruhi
proses pembelajaran. Seperti yang dikatakan Ki Hajar Dewantara, Bapak
Pendidikan Indonesia “Ing ngarsa sung tuladha, Ing madya mangun karso, Tut Wuri
Handayani” (Di depan memberi teladan, di tengah membangun semangat, di belakang
memberi dorongan).
B. Peran
Teknologi dalam Pembelajaran
Peran teknologi dalam pendidikan dapat menjadi bagian yang mendukung
efektivitas belajar mengajar. Teknologi dapat memungkinkan meningkatkan belajar
yang lebih menarik. Teknologi juga memfasilitasi pemanfaatan media visual,
audio, maupun digital yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan para peserta
didik. Menurut pendapat Tondeur et al (dalam Selwyn,2011), Teknologi digital
saat ini digunakan di lembaga pendidikan sebagai alat bantu pengajaran, baik
sebagai alat bantu informasi, yang melibatkan perolehan akses ke informasi,
atau sebagai alat bantu pengajaran, yang melibatkan bantuan siswa dalam tugas
belajar. Selain itu, teknologi membuat pembelajaran menjadi lebih mudah dengan
menyediakan sumber pembelajaran yang tidak terbatas yang dapat diakses kapan
saja dan dimana saja, dan siswa akan lebih mudah untuk mengetahui informasi.
C. Kolaborasi
Guru dengan Teknologi
Teknologi adalah sesuatu yang dirancang untuk mempermudah dan
menghasilkan sesuatu secara singkat. Sedangkan guru adalah seorang pendidik
yang tugas utamanya yaitu mendidik dan membimbing pada jenjang pendidikan. Keduanya
sangat penting dalam pendidikan. Dalam konteks teknologi, bukan berarti
teknologi dapat menggantikan seorang guru
dalam mendidik, tetapi dapat memperkuat. Dengan adanya kolaborasi antara guru
dan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar, guru dapat lebih interaktif,
inovatif dan kreatif dalam proses belajar.
Namun, kolaborasi antara guru dan teknologi ini memiliki dampak negatif,
seperti terus
bergantung pada teknologi, minim
interaksi antara guru dengan peserta didik, dan juga kemanan privasi dari guru
maupun dari peserta didik. Oleh karena itu, guru harus lebih bijak dalam
penggunaan teknologi terutama dalam pembelajaran agar dapat menghasilkan
lingkungan belajar yang efektif dan pengembangan pengetahuan peserta didik
secara maksimal.
D. Manfaat
Kolaborasi Guru dan Teknologi
Manfaat dari adanya kolaborasi guru dan teknologi tentunya banyak,
seperti meningkatkan akses pembelajaran. Peserta didik juga dapat mengakses
sumber belajar dimana saja dengan adanya teknologi.Selain itu, teknologi juga
dapat membantu guru dalam kebutuhan pembelajaran seperti format, vidio,
animasi, presentasi dan media visual yang lainya sehingga dapat menyesuaikan
dengan materi yang disampaikan. Teknologi pendidikan ini juga membantu
meningkatkan minat dan fokus siswa. Misalnya, dengan permainan edukatif,kuis
yang menyenangkan, agar siswa tidak merasa bosan akan pembelajaran. Kolaborasi antara guru dan teknologi ini
memberikan manfaat yang signifikan dalam membantu pembelajaran yang lebih
inovatif. Dengan memanfaatkan teknologi dalam pendidikan sebagai alat bantu,
guru dapat mengoptimalkan tugasnya dalam mendidik peserta didiknya.
E. Tantangan
dalam Kolaborasi
Selain manfaat yang didapat dari kolaborasi teknologi, adapun tantangan
atau kendala dalam dunia digital. Salah satu tantangan utamanya yaitu tidak
meratanya akses terhadap jaringan internet, seperti pada daerah terpencil,
pedesaan, mau perkotaan dengan infrastruktur yang sangat minim. Hambatan
tersebut dapat mengurangi efektivitas dalam proses belajar mengajar berbasis
teknologi. Selain itu, kendala lain yang sering terjadi yaitu kurangnya
pemahaman guru dalam menggunakan dan mengoperasikan teknologi. Maka dari itu,
pada era modern ini perlu adanya upaya untuk meningkatkan kesadaran dalam
menggunakan teknologi agar dapat digunakan sebaik-baiknya.
KESIMPULAN
Kolaborasi antara pendidik dan teknologi memiliki peran krusial dalam
meningkatkan semangat belajar mengajar. Dari kerjasama ini memungkinkan
kebutuhan siswa dapat terpenuhi secara fleksibel. Sebagai pendidik, guru
diharapkan dapat mengoptimalkan penggunaan teknologi dengan kebutuhan siswa.
Suksesnya kolaborasi ini bergantung pada kesiapan guru dalam memahami dan
menguasai teknologi. Selain itu, kontribusi dari pihak- pihak lain seperti
orang tua, pimpinan dari sekolah dan masyarakat juga dapat menjadi faktor
suksesnya kolaborasi ini.
Pada intinya, program ini dapat melahirkan generasi muda yang aktif,
berpikir kreatif, dan mampu bersaing dalam dunia digital. Maka, marilah jadikan
kolaborasi antara guru dan teknologi sebagi kunci untuk membuka masa depan.
Dengan adanya dukungan dari sekolah, orangtua dan masyarakat, kita tidak hanya
mengatasi masalah tetapi menciptakan generasi muda yang kompeten Harmoni bukan
hanya mengajar, tetapi menginspirasi mimpi besar.
Daftar Pustaka
Kurniawan,A .(2017).Deskripsi
Kompetensi Pedagogik Guru dan Calon Guru Kimia
SMA Muhammadiyah 1 Semarang. Jurnal
seminar nasional pendidikan.
L, Sudarsi. (2018). Peran Teknologi
Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi. Jurnal
pendidikan agama islam. 2(2),95
0 Comments