Nama:
Dewi Azzahra
Nim:
20325027
Kelas:
PGMI A
Tema:
Transformasi Digital dalam dunia pendidikan: Peran Guru Sebagai Penggrak
Inovasi
I.
PENDAHULUAN
Perkembangan
teknologi digital dalam beberapa tahun terakhir sangat mengubah bagaimana cara
seseorang belajar, bekerja dan berkomunikasi. Bahkan, perkembangan digital ini
juga sangat mempengaruhi dunia Pendidikan. Dahulu pembelajaran bergantung pada
pertemuan langsung secara tatap muka, namun di era digital ini pembelajaran
bisa dilakukan dengan menggunakan media interaktif, platform digital dan
berbagai aplikasi pembelajaran. Perubahan inilah yang memaksa para guru untuk
dapat menyesuaikan peran mereka, bukan hanya berperan sebagai penyalur ilmu
pengetahuan saja, tetapi juga berperan sebagai inovator yang bisa merancang
pengalaman belajar yang lebih sesuai dengan kehidupan generasi yang tumbuh di
lingkungan digital.
Pada momentum Hari Guru Nasional 2025 menjadi kesempatan untuk dapat menyoroti bagaimana peran guru sangat penting didalam tengah perubahan ini. Di dalam masa yang terus berubah, guru dihadapkan pada tantangan untuk membuat pembelajaran secara kreatif, fleksibilitas dan bermakna. Tujuannya agar siswa tidak hanya dapat menguasai materi saja, namun juga dapat memiliki keterampilan yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, penting untuk kita membahas topik “peran guru sebagai inovator pada era digital” sebagai bentuk penghargaan sekaligus pemikiran tentang kontribusi guru dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan.
II.
PEMBAHASAN
Perubahan
teknologi dalam beberapa tahun belakang memberi dampak besar bagi peserta didik
dalam aspek cara belajar di berbagai jenjang pendidikan. Pembelajaran pada
zaman dahulu hanya bergantung pada papan tulis dan buku materi cetak. Namun
dengan seiring berkembangnya zaman digital, sekarang pembelajaran bisa
dilakukan dengan cara visula, aplikasi belajar dan ruang kelas virtual. Dengan
adanya perangkat digital sangat memudahkan siswa dalam mencari materi
pembelajaran dengan cepat dan lebih fleksibel, sehingga peserta didik tidak
dapat dibatasi waktu dan tempat. Situasi ini mendorong guru untuk memahami
karakter generasi yang tumbuh ditengah teknologi yang menyukai informasi
singkat, tampilan visual, dan interaksi yang dinamis. Perubahan ini bukan
sekedar perubahan teknologi digital saja tetapi juga perubahan kemampuan
berpikir dalam mengajar dan belajar.
Guru berperan penting dalam menentukan arah
dan kualitas proses belajar peserta didik. Peran guru tidak hanya sebagai
pemapar materi saja, tetapi berguna sebagai pembuat pengalaman belajar yang
lebih kreatif dan menyesuaikan kebutuhan siswa dalam pembelajaran. Dengan
perkembangan teknologi guru dapat membuat video pembelajaran interaktif,
membuat kuis digital dan juga bisa membuat forum diskusi secara online. Inovasi
ini tidak perlu menggunakan perangkat yang canggih, bahkan menggunakan alat
sederhana seperti ponsel guru tetap bisa memberikan variasi pembelajaran yang
lebih membuat siswa tertarik. Dengan cara ini guru dapat menunjukkan bahwa
inovasi tidak harus rumit, tetapi juga tepat sasaran dan sesuai dengan
kebutuhan peserta didik.
Selain mengatur cara belajar, guru juga
bertugas sebagai perancang bahan ajar digital yang dapat menyesuaikan
perkembangan teknologi digital dan kebutuhan peserta didik. Sebelumnya materi
belajar sangat monoton dan dengan teks yang panjang kini materi pembelajaran
bisa disajikan dengan lebih menarik seperti menggunakan Power Point, video
pendek, ataupun infografis yang lebih mudah untuk diakses. Dengan membuat
materi lebih singkat, jelas dan menggunakan visualisasi, guru membantu siswa
lebih memahami konsep lebih baik. Dengan menggunakan bahan ajar digital siswa
dapat mengulang materi sesuai dengan kebutuhan belajarnya masing-masing. Peran
sebagai perancang membutuhkan kreativitas dan tanggung jawab agar kualitas
pembelajaran tersampaikan walaupun dengan format yang berbeda.
Guru yang kreatif dalam mengajar secara
digital memberikan banyak manfaat bagi siswa. Materi pembelajaran yang
disampaikan lebih beragam, seperti Power Point, Audio visual yang dapat membuat
siswa dapat menggambarkan sesuatu yang dipelajari dan memahaminya. Kegiatan
forum diskusi online juga membantu siswa belajar bekerja sama, dan saling
berbagi pendapat atau idenya, sehingga belajar tidak hanya bergantung kepada
gurunya saja. Selain itu pembelajaran digital bisa diakses kapan saja yang
memungkinkan siswa belajar mandiri. Namun, terdapat beberapa tantangan yang
harus dihadapi seperti, tidak semua guru memiliki kemampuan digital yang cukup
dan tidak semua sekolah memiliki fasilitas digital yang memadai. Selain itu,
banyak informasi yang beredar membuat guru dan siswa perlu memiliki kemampuan
digital yang baik agar dapat menerima informasi dengan tepat dan menggunakannya
secara bertanggung jawab.
Menghadapi tantangan ini, diperlukan adanya
upaya yang realistis dan terus menerus. Guru perlu mendapatkan pelatihan dalam
etika menggunakan teknologi yang baik, yang bisa didapatkan melalui program
sekolah maupun komunitas belajar bersama rekan rekan guru. Sekolah juga dapat
memudahkan dengan menyediakan perangkat sederhana agar inovasi tetap bisa
dilakukan meskipun terbatasnya sarana teknologi. Selain meningkatkan
pengetahuan penggunaan teknologi kepada guru sekolah juga perlu meningkatkan
kemampuan digital siswa agar mereka bisa cermat dalam menerima informasi dan
mencari sumber belajar yang valid. Dengan adanya keterlibatan antara guru,
orang tua, dan pihak sekolah akan menciptakan suasana belajar yang nyaman,
sehingga inovasi pembelajaran didunia digital tidak hanya berlangsung
sementara, tetapi dapat berkembang menjadi bagian budaya pendidikan yang ramah
dan bermakna.
III.
KESIMPULAN
Perkembangan
teknologi digital telah mengubah cara berlangsungnya dunia pendidikan saat ini.
di tengah perubahan ini, peran seorang guru semakin penting dalam memberikan
materi pembelajaran dan juga berperan penting sebagai penggerak inovasi yang
mampu menyesuaikan proses belajar akan kebutuhan siswanya di tengah era
digital. Dengan adanya kreativitas dan bahan ajar digital, guru berusaha
menciptakan suasana belajar yang menarik, interaktif dan bermakna bagi para
siswanya.
Meskipun proses ini masih menghadapi beberapa
kesulitan, seperti kurangnya fasilitas dan perbedaan tingkat kemampuan
teknologi, upaya terus menerus dari para guru, sekolah dan lingkungan
pendidikan bisa meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan adanya dukungan yang
memadai dan kerjasama yang baik, inovasi dalam pembelajaran digital bisa
berkembang menjadi kebiasaan yang mendorong siswa agar lebih mandiri, kritis
dan siap menghadapi tantangan masa depan. Oleh karena itu, peran guru sebagai
inovator tidak hanya penting untuk saat ini, tetapi juga menjadi dasar penting
untuk kemajuan pendidikan Indonesia dimasa depan.
0 Comments