Meningkatkan Kesejahteraan Guru untuk Pendidikan Bermartabat

Nama: Lailatul Maghfiroh

NIM: 20325040

Kelas: PGMI (A)

Dosen Pengampu: Prof. Dr. H. Muhlisin, M. Ag

Tugas Essay Ilmu Pendidikan

A.) PENDAHULUAN

        Hari Guru Nasional diperingati pada tanggal 25 November. Peringatan ini bertujuan untuk menghargai jasa dan kontribusi guru-guru Indonesia dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Guru memiliki peran yang sangat penting dalam proses pendidikan, tidak hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai pendidik dan pembimbing siswa untuk menjadi individu yang cerdas dan berakhlak mulia. Mereka berperan dalam membentuk karakter dan kepribadian siswa. Oleh karena itu, peringatan Hari Guru Nasional menjadi kesempatan untuk menghargai jasa seorang guru yang telah bekerja keras untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, meskipun mereka sering menghadapi tantangan dan kesulitan dalam mengajar.  Hari guru nasional menjadi momentum penting untuk merenungkan peran serta pengorbanan seorang guru dalam mengajarkan ilmu pengetahuan dan membentuk karakter, serta moral generasi muda.

        Pendidikan merupakan suatu upaya sadar yang dilakukan untuk mewariskan budaya dari satu generasi ke generasi berikutnya (Rahmat et al., 2022). Pendidikan memiliki peran penting dalam kehidupan manusia, karena menjadi pondasi utama dalam membangun masyarakat yang cerdas dan berakhlak mulia, orang tua tentu mengharapkan anak-anaknya dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, baik secara fisik maupun mental, serta menjadi individu yang terampil, cerdas dan beriman. Lembaga pendidikan atau sekolah merupakan media untuk merealisasikan pendidikan agar manusia terhindar dari penyimpangan-penyimpangan yang tidak dibenarkan oleh agama (Arsad.,2020). Pendidikan bermartabat adalah pendidikan yang berkualitas, memiliki nilai-nilai yang tinggi, dan dapat meningkatkan harga diri serta kemampuan individu. Pendidikan bermartabat tidak dapat terwujud tanpa adanya peran guru yang berkualitas dan sejahtera.

        Dalam dunia pendidikan seorang guru di sekolah, memiliki peran penting sebagai teladan dan membantu orang tua dalam melaksanakan pendidikan untuk anak-anaknya. Guru harus memiliki, memahami, dan mematuhi kode etik guru, karena seorang guru menjadi contoh teladan bagi siswanya. Oleh karena itu, guru harus berpegang teguh dengan ajaran agama serta memiliki akhlak mulia, berbudi luhur, dan bersikap penyayang terhadap anak didiknya. Di tengah tantangan dunia pendidikan yang terus berkembang, keberadaan adat dan kode etik semakin strategis dalam menjaga kualitas guru sebagai pendidik yang teladan. Oleh karena itu, pemahaman dan penerapan adab serta kode etik perlu diperkuat secara berkelanjutan agar kualitas guru tidak hanya terlihat dari capaian akademik saja, tetapi juga dari kepribadian dan integritasnya.

B.) ISI

        Pendidikan bermartabat adalah pendidikan yang berkualitas, memiliki nilai-nilai yang tinggi, dan dapat meningkatkan harga diri serta kemampuan individu. Pendidikan bermartabat tidak dapat terwujud tanpa adanya peran guru yang berkualitas dan sejahtera. Oleh karna itu, meningkatkan kesejahteraan guru menjadi hal penting untuk mencapai pendidikan yang bermartabat. Kesajahteraan guru memiliki dampak signifikan terhadap kualitas pendidikan, karena guru yang memiliki kesejahteraan baik akan lebih termotivasi dan fokus dalam menjalankan tugasnya, sehingga dapat memberikan pendidikan yang berkualitas kepada siswanya. Sebaliknya, guru yang tidak memiliki kesejahteraan yang baik akan merasa tidak termotivasi dan tidak fokus dalam mengajar, sehingga dapat mempengaruhi kualitas pendidikan.

        Seorang guru perlu memahami kebutuhan siswanya dan menciptakan suasana kelas yang kondusif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, guru harus mampu membantu dan mengawasi peserta didiknya untuk mengembangkan potensi yang ada pada diri mereka. Upaya untuk mendorong terwujudnya perkembangan potensi pada siswa merupakan proses panjang dalam dunia pendidikan. Dalam kegiatan pembelajaran, guru berperan penting dalam menciptakan proses belajar yang efektif dan suasana kelas yang menyenangkan, sehingga siswa dapat menjadi lebih semangat dan termotivasi untuk menjadi individu yang lebih baik.

>> Manfaat meningkatkan kesejahteraan guru, antara lain:

- Meningkatkan kualitas pendidikan : Seorang guru mampu berusaha untuk memberikan pendidikan yang berkualitas dan membantu meningkatkan prestasi siswa agar mereka dapat mencapai tujuan hidup serta tercapainya cita-cita.

- Meningkatkan motivasi siswa : Seorang guru perlu memberikan motivasi kepada siswanya agar mereka termotivasi untuk belajar lebih semangat dan mampu mengembangkan kemampuan dalam belajarnya.

- Meningkatkan citra profesi guru: Guru memiliki citra profesi yang baik agar dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap profesi guru yang memiliki kesejahteraan baik, sehingga dapat memberikan pendidikan yang berkualitas kepada siswanya.

>> Strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan guru, antara lain:

- Menyediakan lingkungan kerja yang nyaman dan kondusif

- Memberikan dukungan dan pengembangan profesional guru

- Meningkatkan motivasi terhadap kepuasan kerja guru

- Partisipasi dalam pengambilan keputusan

- Keseimbangan kerja dan hidup

- Pengawasan dan evaluasi

>> Dampak meningkatkan kesejahteraan guru antara lain:

- Meningkatkan motivasi dan kepuasan kerja guru: Guru yang memiliki kesejahteraan baik akan lebih termotivasi untuk mengajar dan memberikan pendidikan yang berkualitas, seorang guru akan merasa dihargai dan dihormati sehingga meningkatkan kepuasaan kerja mereka.

- Meningkatkan kualitas pendidikan dan prestasi siswa : Guru harus bisa fokus pada kebutuhan siswa dan berusaha untuk mendorong siswa agar lebih semangat dalam meningkatkan prestasi belajar mereka dan mampu meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan

- Meningkatkan stabilitas guru dan mengurangi tingkat turnover: hal ini akan lebih cenderung untuk tetap mengajar disekolah, sehingga meningkatkan stabilitas guru dan mengurangi biaya rekrutmen.

- Meningkatkan kepercayaan masyarakat : Dengan adanya guru yang sejahtera dilingkungan sekolah akan memperoleh kepercayaan yang lebih besar dari masyarakat, sehingga meningkatkan hubungan antara sekolah dan masyarakat, serta kualitas kerja sama.

C.) PENUTUP

        Pendidikan yang bermartabat merupakan tujuan utama dalam sistem pendidikan nasional. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan peran guru yang berkualitas dan sejahtera. Pendidikan bermartabat dapat terwujud jika guru memiliki kesejahteraan yang baik, sehingga dapat memberikan pendidikan yang berkualitas kepada siswanya. Oleh karena itu, pemerintah, sekolah, dan masyarakat harus bekerja sama untuk meningkatkan kesejahteraan guru. Dengan demikian, kita dapat menciptakan generasi yang lebih cerdas, berakhlak mulia, dan berdaya saing global.

        Meningkatkan kesejahteraan guru juga dapat meningkatkan citra profesi guru, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap profesi guru, Guru yang memiliki kesejahteraan yang baik akan lebih dihormati dan dihargai oleh masyarakat, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan kepuasan kerja mereka. Meningkatkan kesejahteraan guru menjadi investasi yang sangat penting untuk masa depan bangsa.

>> Pesan Inspiratis: Tetap menjadi seorang guru yang sejahtera dan mari bersama-sama menciptakan pendidikan yang berkualitas untuk masa depan agar mencapai tujuan pendidikan nasional dan menciptakan generasi yang lebih baik. Guru yang berkualitas dan sejahtera adalah aset berharga bagi bangsa, mari kita berikan perhatian dan dukungan untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

DAFTAR PUSTAKA

Gian, H., Stevani, I. P., Muhamad, Y. (2025). Membangun Guru Bermartabat: Strategi Penguatan Adab Dan Kode Etik Dalam Pendidikan. JURNAL TRANSFORMASI PENDIDIKAN DASAR, Volume 01, No. 02, Hal. 14-18, ISSN: 3089-8099, Website: http://synergizejournal.org/index.php/JTPD/index

Farhan, S. W., Agus, P., Siti, M. U. (2020). Analisis peran guru dalam pemanfaatan lingkungan sekolah terhadap kreatifitas belajar siswa. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, Volume 2, No. 01, p. 38-42, ISSN: 2715-3142 (media online), Website: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual

Post a Comment

0 Comments