Nama: Lailatul Maghfiroh
NIM: 20325040
Kelas: PGMI (A)
Dosen Pengampu: Prof. Dr.
H. Muhlisin, M. Ag
Tugas Essay Ilmu Pendidikan
A.) PENDAHULUAN
Hari Guru Nasional diperingati pada
tanggal 25 November. Peringatan ini bertujuan untuk menghargai jasa dan
kontribusi guru-guru Indonesia dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Guru
memiliki peran yang sangat penting dalam proses pendidikan, tidak hanya sebagai
pengajar, tetapi juga sebagai pendidik dan pembimbing siswa untuk menjadi
individu yang cerdas dan berakhlak mulia. Mereka berperan dalam membentuk
karakter dan kepribadian siswa. Oleh karena itu, peringatan Hari Guru Nasional
menjadi kesempatan untuk menghargai jasa seorang guru yang telah bekerja keras
untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, meskipun mereka sering menghadapi
tantangan dan kesulitan dalam mengajar. Hari guru nasional menjadi momentum penting
untuk merenungkan peran serta pengorbanan seorang guru dalam mengajarkan ilmu
pengetahuan dan membentuk karakter, serta moral generasi muda.
Pendidikan merupakan suatu upaya sadar
yang dilakukan untuk mewariskan budaya dari satu generasi ke generasi
berikutnya (Rahmat et al., 2022). Pendidikan memiliki peran penting dalam
kehidupan manusia, karena menjadi pondasi utama dalam membangun masyarakat yang
cerdas dan berakhlak mulia, orang tua tentu mengharapkan anak-anaknya dapat
tumbuh dan berkembang secara optimal, baik secara fisik maupun mental, serta
menjadi individu yang terampil, cerdas dan beriman. Lembaga pendidikan atau
sekolah merupakan media untuk merealisasikan pendidikan agar manusia terhindar
dari penyimpangan-penyimpangan yang tidak dibenarkan oleh agama (Arsad.,2020). Pendidikan
bermartabat adalah pendidikan yang berkualitas, memiliki nilai-nilai yang
tinggi, dan dapat meningkatkan harga diri serta kemampuan individu. Pendidikan
bermartabat tidak dapat terwujud tanpa adanya peran guru yang berkualitas dan
sejahtera.
Dalam dunia pendidikan seorang guru di
sekolah, memiliki peran penting sebagai teladan dan membantu orang tua dalam
melaksanakan pendidikan untuk anak-anaknya. Guru harus memiliki, memahami, dan
mematuhi kode etik guru, karena seorang guru menjadi contoh teladan bagi
siswanya. Oleh karena itu, guru harus berpegang teguh dengan ajaran agama serta
memiliki akhlak mulia, berbudi luhur, dan bersikap penyayang terhadap anak
didiknya. Di tengah tantangan dunia pendidikan yang terus berkembang,
keberadaan adat dan kode etik semakin strategis dalam menjaga kualitas guru
sebagai pendidik yang teladan. Oleh karena itu, pemahaman dan penerapan adab
serta kode etik perlu diperkuat secara berkelanjutan agar kualitas guru tidak
hanya terlihat dari capaian akademik saja, tetapi juga dari kepribadian dan
integritasnya.
B.) ISI
Pendidikan bermartabat adalah
pendidikan yang berkualitas, memiliki nilai-nilai yang tinggi, dan dapat
meningkatkan harga diri serta kemampuan individu. Pendidikan bermartabat tidak dapat
terwujud tanpa adanya peran guru yang berkualitas dan sejahtera. Oleh karna
itu, meningkatkan kesejahteraan guru menjadi hal penting untuk mencapai
pendidikan yang bermartabat. Kesajahteraan guru memiliki dampak signifikan
terhadap kualitas pendidikan, karena guru yang memiliki kesejahteraan baik akan
lebih termotivasi dan fokus dalam menjalankan tugasnya, sehingga dapat
memberikan pendidikan yang berkualitas kepada siswanya. Sebaliknya, guru yang
tidak memiliki kesejahteraan yang baik akan merasa tidak termotivasi dan tidak
fokus dalam mengajar, sehingga dapat mempengaruhi kualitas pendidikan.
Seorang guru perlu memahami kebutuhan
siswanya dan menciptakan suasana kelas yang kondusif untuk mencapai tujuan
pembelajaran. Oleh karena itu, guru harus mampu membantu dan mengawasi peserta
didiknya untuk mengembangkan potensi yang ada pada diri mereka. Upaya untuk
mendorong terwujudnya perkembangan potensi pada siswa merupakan proses panjang
dalam dunia pendidikan. Dalam kegiatan pembelajaran, guru berperan penting
dalam menciptakan proses belajar yang efektif dan suasana kelas yang
menyenangkan, sehingga siswa dapat menjadi lebih semangat dan termotivasi untuk
menjadi individu yang lebih baik.
>> Manfaat
meningkatkan kesejahteraan guru, antara lain:
- Meningkatkan kualitas
pendidikan : Seorang guru mampu berusaha untuk memberikan pendidikan yang
berkualitas dan membantu meningkatkan prestasi siswa agar mereka dapat mencapai
tujuan hidup serta tercapainya cita-cita.
- Meningkatkan motivasi
siswa : Seorang guru perlu memberikan motivasi kepada siswanya agar mereka
termotivasi untuk belajar lebih semangat dan mampu mengembangkan kemampuan
dalam belajarnya.
- Meningkatkan citra
profesi guru: Guru memiliki citra profesi yang baik agar dapat meningkatkan
kepercayaan masyarakat terhadap profesi guru yang memiliki kesejahteraan baik,
sehingga dapat memberikan pendidikan yang berkualitas kepada siswanya.
>> Strategi yang
dapat dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan guru, antara lain:
- Menyediakan lingkungan
kerja yang nyaman dan kondusif
- Memberikan dukungan dan
pengembangan profesional guru
- Meningkatkan motivasi
terhadap kepuasan kerja guru
- Partisipasi dalam
pengambilan keputusan
- Keseimbangan kerja dan
hidup
- Pengawasan dan evaluasi
>> Dampak meningkatkan
kesejahteraan guru antara lain:
- Meningkatkan motivasi
dan kepuasan kerja guru: Guru yang memiliki kesejahteraan baik akan lebih
termotivasi untuk mengajar dan memberikan pendidikan yang berkualitas, seorang
guru akan merasa dihargai dan dihormati sehingga meningkatkan kepuasaan kerja
mereka.
- Meningkatkan kualitas
pendidikan dan prestasi siswa : Guru harus bisa fokus pada kebutuhan siswa dan
berusaha untuk mendorong siswa agar lebih semangat dalam meningkatkan prestasi
belajar mereka dan mampu meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan
- Meningkatkan stabilitas
guru dan mengurangi tingkat turnover: hal ini akan lebih cenderung untuk tetap
mengajar disekolah, sehingga meningkatkan stabilitas guru dan mengurangi biaya
rekrutmen.
- Meningkatkan
kepercayaan masyarakat : Dengan adanya guru yang sejahtera dilingkungan sekolah
akan memperoleh kepercayaan yang lebih besar dari masyarakat, sehingga
meningkatkan hubungan antara sekolah dan masyarakat, serta kualitas kerja sama.
C.) PENUTUP
Pendidikan yang bermartabat merupakan
tujuan utama dalam sistem pendidikan nasional. Untuk mencapai tujuan tersebut,
diperlukan peran guru yang berkualitas dan sejahtera. Pendidikan bermartabat
dapat terwujud jika guru memiliki kesejahteraan yang baik, sehingga dapat
memberikan pendidikan yang berkualitas kepada siswanya. Oleh karena itu,
pemerintah, sekolah, dan masyarakat harus bekerja sama untuk meningkatkan
kesejahteraan guru. Dengan demikian, kita dapat menciptakan generasi yang lebih
cerdas, berakhlak mulia, dan berdaya saing global.
Meningkatkan kesejahteraan guru juga
dapat meningkatkan citra profesi guru, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan
masyarakat terhadap profesi guru, Guru yang memiliki kesejahteraan yang baik
akan lebih dihormati dan dihargai oleh masyarakat, sehingga dapat meningkatkan
motivasi dan kepuasan kerja mereka. Meningkatkan kesejahteraan guru menjadi
investasi yang sangat penting untuk masa depan bangsa.
>> Pesan Inspiratis:
Tetap menjadi seorang guru yang sejahtera dan mari bersama-sama menciptakan
pendidikan yang berkualitas untuk masa depan agar mencapai tujuan pendidikan
nasional dan menciptakan generasi yang lebih baik. Guru yang berkualitas dan
sejahtera adalah aset berharga bagi bangsa, mari kita berikan perhatian dan
dukungan untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.
DAFTAR PUSTAKA
Gian,
H., Stevani, I. P., Muhamad, Y. (2025). Membangun Guru Bermartabat: Strategi Penguatan
Adab Dan Kode Etik Dalam Pendidikan. JURNAL TRANSFORMASI PENDIDIKAN DASAR,
Volume 01, No. 02, Hal. 14-18, ISSN: 3089-8099, Website: http://synergizejournal.org/index.php/JTPD/index
Farhan,
S. W., Agus, P., Siti, M. U. (2020). Analisis peran guru dalam pemanfaatan
lingkungan sekolah terhadap kreatifitas belajar siswa. Jurnal Ilmiah
KONTEKSTUAL, Volume 2, No. 01, p. 38-42, ISSN: 2715-3142 (media online),
Website: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual
0 Comments