NAMA: MEISYA GITA FADILLAH
NIM: 20325041
KELAS: PGMI A
Guru
merupakan sosok seorang pemimpin. Guru merupakan seseorang yang dapat membentuk
sifat dan kepribadian seorang siswa. Guru adalah seorang pendidik yang berperan
sebagai penentu keberhasilan siswa dalam pendidikan. Motivasi belajar merupakan
salah satu faktor yang dapat menentukan berhasil atau tidaknya suatu proses
belajar mengajar. Dalam kegiatan belajar mengajar, motivasi belajar adalah
dorongan yang timbul dalam diri seseorang yang dapat menumbuhkan semangat untuk
mengikuti kegiatan belajar yang menjamin keberlangsungan kegiatan belajar
tersebut. Akan tetapi, saat ini banyak siswa yang kurang memiliki motivasi
untuk belajar. Hal ini dapat dibuktikan dari sikap siswa yang kurang peduli
ketika proses pembelajaran berlangsung, tidak memperhatikan guru ketika sedang
menjelaskan materi serta tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
Perubahan metode belajar mengajar tentu
akan membawa banyak perubahan terhadap beberapa pihak. Hal tersebut tidak lepas
dari peran seorang guru yang harus selalu beradaptasi dengan berbagai kondisi
pembelajaran dan kondisi siswa. Guru diharapkan mampu menerapkan metode
pembelajaran yang dapat menumbuhkan semangat belajar siswa. Oleh karena, itu peran
seorang guru sangat dibutuhkan dan tidak dapat tergantikan meskipun dan
diharuskan melek terhadap teknologi dalam menghadapi tantangan dalam proses
pembelajaran ditengah kemajuan peran teknologi dalam dunia pendidikan di masa
kini. Dengan demikian, guru dituntut dapat meningkatkan kreatifitasnya. Guru
harus selalu mencari cara bagaimana agar pembelajaran mencapai hasil dan
tujuan. Metode pembelajaran yang menyenangkan dan efektif dapat meningkatkan
motivasi belajar siswa, dimana interaksi antara guru dan siswa sangat diperlukan
ketika proses belajar mengajar berlangsung.
Motivasi belajar merupakan suatu faktor
penting dalam mencapai tujuan belajar. Dalam upaya membentuk kepribadian
seorang siswa dibutuhkan adanya motivasi belajar yang berperan sebagai dorongan
diri untuk melakukan perubahan dalam membentuk kepribadian siswa. Motivasi
belajar merupakan pendorong yang ada dalam diri siswa yang dapat menimbulkan
semangat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Dengan demikian, guru
diharapkan mampu menumbuhkan motivasi belajar siswa dalam rangka untuk mencapai
tujuan pembelajaran.
Motivasi belajar siswa menjadi salah satu
faktor yang menentukan keberhasilan proses pembelajaran dalam dunia pendidikan.
Siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi akan lebih aktif dalam
memahami materi, berpartisipasi dalam kegiatan diskusi, dan dapat menyelesaikan
tugas dengan penuh rasa tanggung jawab. Terdapat beberapa upaya dalam
menumbuhkan motivasi belajar siswa. Diantaranya, dapat melalui kegiatan yang
menyenangkan yang tentunya sangat diminati oleh anak-anak usia sekolah dasar
yaitu belajar sambil bermain. Oleh karena itu, peran seorang guru sangat
diperlukan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang dirasa kurang
dimiliki karena beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut dapat berasal dari
faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor internal dapat berasal dari
kurangnya minat belajar siswa, rendahnya semangat belajar yang dimiliki siswa,
atau mungkin siswa sedang mengalami masalah keluarga sehingga dapat menyebabkan
terganggunya siswa untuk fokus dalam pembelajaran. Di samping itu, faktor
eksternal yaitu, adanya pengaruh pergaulan yang kurang baik, faktor lingkungan
keluarga yang tidak mendukung, dan lain sebagainya.
Motivasi sangat berkaitan dengan
kesungguhan siswa untuk terlibat dalam proses pembelajaran. Menurut Muhammad
Asrori motivasi adalah suatu usaha yang menyebabkan sesorang tergerak melakukan
sesuatu karena keinginan mencapai tujuan yang diinginkan. Sehingga motivasi memiliki
peranan yang sangat penting dalam pembelajaran guna tercapainya hasil belajar.
Siswa dengan motivasi belajar yang tinggi umumnya mampu memperoleh keberhasilan
dalam belajar. Oleh sebab itu, guru diharuskan mampu menerapkan berbagai metode
pembelajaran yang menarik agar motivasi belajar siswa dapat tumbuh dan
berkembang. Diharapkan seorang guru tidak monoton dengan satu metode
pembelajaran saja, tetapi juga dapat mengkreasikan berbagai metode supaya siswa
tidak merasa bosan, akan tetapi siswa akan tertarik terhadap pembelajaran
sehingga dapat meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Dengan
adanya dorongan motivasi dari guru maka dapat menjadi salah satu langkah awal
dalam meningkatkan minat belajar siswa di sekolah.
Peran seorang guru sangat penting dalam
proses belajar mengajar. Guru tidak hanya berdiri di depan kelas kemudian
menyampaikan materi pembelajaran, namun guru memiliki peran dalam banyak hal
diantaranya, guru juga berperan sebagai motivator untuk anak didiknya. Mengingat
motivasi sangat berkontribusi terhadap tercapainya hasil belajar yang maksimal,
para guru dituntut mampu menumbuhkan motivasi yang ada dalam diri siswa
sehingga dapat dijadikan penggerak para siswa dalam meraih prestasi. Dengan
demikian, guru yang professional harus meyakini bahwa dirinya bukan hanya
berperan di dalam kelas menyampaikan pembelajaran tetapi juga berperan sebagai
motivator yang mempunyai tugas memberikan inspirasi atau sebagai penggerak agar
proses pembelajaran lebih menyenangkan.
Guru memiliki peranan penting sebagai
seorang motivator. Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa
dengan memilih metode pembelajaran yang tepat. Dengan adanya metode pembelajaran yang
efektif siswa akan lebih cepat dalam memahami materi pembelajaran yang
disampaikan oleh guru karena metode pembelajaran merupakan kunci keberhasilan
suatu proses pembelajaran. Guru juga dituntut untuk selalu kreatif dengan memanfaatan
teknologi pada masa kini. Guru diharuskan melek terhadap teknologi dalam rangka
pemanfaatan teknologi seperti penayangan video yang berhubungan dengan materi
pembelajaran agar siswa mempunyai gambaran secara langsung sehingga
memungkinkan siswa lebih cepat memahami materi pembelajaran. Disisi lain,
seorang guru harus mampu memahami karakter setiap siswa. Dikarenakan siswa
memiliki latarbelakang dan kepribadian yang berbeda-beda. Latarbelakang yang
berbeda-beda merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi motivasi
belajar siswa. Dengan demikian, guru harus dapat memahami apa yang terjadi
dengan anak didiknya sehingga guru dapat menganalisis permasalahan yang terjadi
dengan siswa. Dalam proses pembelajaran seorang guru perlu mengetahui kondisi
dan permasalahan yang dialami oleh siswa dalam proses pembelajaran, guru harus
berupaya mencari jalan keluar dalam menghadapi permasalahan yang dihadapi siswa
agar tanggung jawab guru bekerja secara professional.
Motivasi yang diberikan oleh guru bukan
hanya berbentuk nasihat atau kata-kata motivasi saja. Akan tetapi seorang guru
harus tetap memberikan semangat kepada siswa walaupun hasil yang dicapai oleh
siswa belum maksimal, dari hal tersebut guru dapat memberikan motivasi kepada
siswa agar lebih giat lagi dalam pembelajaran. Pada kenyataannya, semangat
belajar yang dimiliki siswa berbeda dengan siswa lainnya, untuk itu sangat
penting bagi seorang guru agar senantiasa memberikan dorongan kepada siswa
supaya memiliki semangat belajar yang tinggi dan mampu menjadi siswa yang
berprestasi serta dapat mengembangkan diri secara konsisten. Kesiapan belajar
yang optimal akan mempermudah siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan aktif,
sehingga mudah bagi siswa dalam memahami pembelajaran. Pada akhirnya, motivasi
akan berdampak secara langsung pada hasil pencapaian belajar yang diinginkan.
Peran seorang guru sangat diperlukan dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa. Peran guru dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa perlu ditingkatkan lagi. Hal ini dikarenakan banyak siswa yang
masih mempunyai motivasi belajar yang kurang. Hal tersebut dapat dibuktikan
dari kurangnya konsentrasi siswa dalam memperhatikan pembelajaran, dan siswa
yang tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, serta rendahnya semangat
antusias siswa selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Disisi lain rendahnya
motivasi siswa dalam belajar juga disebabkan oleh beberapa faktor, baik faktor
internal maupun eksternal. Oleh karena itu, guru diharapkan dapat mendampingi
siswa dalam upaya meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam mengikuti
pembelajaran secara aktif agar dapat membantu siswa dalam meraih prestasi dalam
rangka tercapainya tujuan belajar di sekolah.
Motivasi pada hakikatnya sangat
dibutuhkan dalam menumbuhkan kesiapan belajar siswa yang optimal, hal tersebut
diharapkan mampu mempermudah siswa dalam mengikuti pembelajaran secara aktif,
sehingga mudah bagi siswa dalam memahami pembelajaran. Dengan demikian, perlu
adanya peran guru agar motivasi belajar siswa dapat tumbuh secara optimal. Hal
ini dapat dilakukan dengan cara memilih metode pembelajaran yang efektif,
memanfaatkan kemajuan teknologi dan memahami karakteristik siswa. Disisi lain,
dalam rangka meningkatkan motivasi belajar siswa guru perlu meningkatkan
kualitasnya, memaksimalkan fasilitas belajar mengajar, dan menciptakan suasana
lingkungan belajar yang menyenangkan. Hal ini, diharapkan agar siswa mampu
meraih hasil yang maksimal dalam rangka tercapainya tujuan belajar.
0 Comments