PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

NAMA: MEISYA GITA FADILLAH

NIM: 20325041

KELAS: PGMI A

    Guru merupakan sosok seorang pemimpin. Guru merupakan seseorang yang dapat membentuk sifat dan kepribadian seorang siswa. Guru adalah seorang pendidik yang berperan sebagai penentu keberhasilan siswa dalam pendidikan. Motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan berhasil atau tidaknya suatu proses belajar mengajar. Dalam kegiatan belajar mengajar, motivasi belajar adalah dorongan yang timbul dalam diri seseorang yang dapat menumbuhkan semangat untuk mengikuti kegiatan belajar yang menjamin keberlangsungan kegiatan belajar tersebut. Akan tetapi, saat ini banyak siswa yang kurang memiliki motivasi untuk belajar. Hal ini dapat dibuktikan dari sikap siswa yang kurang peduli ketika proses pembelajaran berlangsung, tidak memperhatikan guru ketika sedang menjelaskan materi serta tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.

    Perubahan metode belajar mengajar tentu akan membawa banyak perubahan terhadap beberapa pihak. Hal tersebut tidak lepas dari peran seorang guru yang harus selalu beradaptasi dengan berbagai kondisi pembelajaran dan kondisi siswa. Guru diharapkan mampu menerapkan metode pembelajaran yang dapat menumbuhkan semangat belajar siswa. Oleh karena, itu peran seorang guru sangat dibutuhkan dan tidak dapat tergantikan meskipun dan diharuskan melek terhadap teknologi dalam menghadapi tantangan dalam proses pembelajaran ditengah kemajuan peran teknologi dalam dunia pendidikan di masa kini. Dengan demikian, guru dituntut dapat meningkatkan kreatifitasnya. Guru harus selalu mencari cara bagaimana agar pembelajaran mencapai hasil dan tujuan. Metode pembelajaran yang menyenangkan dan efektif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, dimana interaksi antara guru dan siswa sangat diperlukan ketika proses belajar mengajar berlangsung.

     Motivasi belajar merupakan suatu faktor penting dalam mencapai tujuan belajar. Dalam upaya membentuk kepribadian seorang siswa dibutuhkan adanya motivasi belajar yang berperan sebagai dorongan diri untuk melakukan perubahan dalam membentuk kepribadian siswa. Motivasi belajar merupakan pendorong yang ada dalam diri siswa yang dapat menimbulkan semangat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Dengan demikian, guru diharapkan mampu menumbuhkan motivasi belajar siswa dalam rangka untuk mencapai tujuan pembelajaran.

    Motivasi belajar siswa menjadi salah satu faktor yang menentukan keberhasilan proses pembelajaran dalam dunia pendidikan. Siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi akan lebih aktif dalam memahami materi, berpartisipasi dalam kegiatan diskusi, dan dapat menyelesaikan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab. Terdapat beberapa upaya dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa. Diantaranya, dapat melalui kegiatan yang menyenangkan yang tentunya sangat diminati oleh anak-anak usia sekolah dasar yaitu belajar sambil bermain. Oleh karena itu, peran seorang guru sangat diperlukan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang dirasa kurang dimiliki karena beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut dapat berasal dari faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor internal dapat berasal dari kurangnya minat belajar siswa, rendahnya semangat belajar yang dimiliki siswa, atau mungkin siswa sedang mengalami masalah keluarga sehingga dapat menyebabkan terganggunya siswa untuk fokus dalam pembelajaran. Di samping itu, faktor eksternal yaitu, adanya pengaruh pergaulan yang kurang baik, faktor lingkungan keluarga yang tidak mendukung, dan lain sebagainya.

       Motivasi sangat berkaitan dengan kesungguhan siswa untuk terlibat dalam proses pembelajaran. Menurut Muhammad Asrori motivasi adalah suatu usaha yang menyebabkan sesorang tergerak melakukan sesuatu karena keinginan mencapai tujuan yang diinginkan. Sehingga motivasi memiliki peranan yang sangat penting dalam pembelajaran guna tercapainya hasil belajar. Siswa dengan motivasi belajar yang tinggi umumnya mampu memperoleh keberhasilan dalam belajar. Oleh sebab itu, guru diharuskan mampu menerapkan berbagai metode pembelajaran yang menarik agar motivasi belajar siswa dapat tumbuh dan berkembang. Diharapkan seorang guru tidak monoton dengan satu metode pembelajaran saja, tetapi juga dapat mengkreasikan berbagai metode supaya siswa tidak merasa bosan, akan tetapi siswa akan tertarik terhadap pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Dengan adanya dorongan motivasi dari guru maka dapat menjadi salah satu langkah awal dalam meningkatkan minat belajar siswa di sekolah.

       Peran seorang guru sangat penting dalam proses belajar mengajar. Guru tidak hanya berdiri di depan kelas kemudian menyampaikan materi pembelajaran, namun guru memiliki peran dalam banyak hal diantaranya, guru juga berperan sebagai motivator untuk anak didiknya. Mengingat motivasi sangat berkontribusi terhadap tercapainya hasil belajar yang maksimal, para guru dituntut mampu menumbuhkan motivasi yang ada dalam diri siswa sehingga dapat dijadikan penggerak para siswa dalam meraih prestasi. Dengan demikian, guru yang professional harus meyakini bahwa dirinya bukan hanya berperan di dalam kelas menyampaikan pembelajaran tetapi juga berperan sebagai motivator yang mempunyai tugas memberikan inspirasi atau sebagai penggerak agar proses pembelajaran lebih menyenangkan.

        Guru memiliki peranan penting sebagai seorang motivator. Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dengan memilih metode pembelajaran yang tepat.     Dengan adanya metode pembelajaran yang efektif siswa akan lebih cepat dalam memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru karena metode pembelajaran merupakan kunci keberhasilan suatu proses pembelajaran. Guru juga dituntut untuk selalu kreatif dengan memanfaatan teknologi pada masa kini. Guru diharuskan melek terhadap teknologi dalam rangka pemanfaatan teknologi seperti penayangan video yang berhubungan dengan materi pembelajaran agar siswa mempunyai gambaran secara langsung sehingga memungkinkan siswa lebih cepat memahami materi pembelajaran. Disisi lain, seorang guru harus mampu memahami karakter setiap siswa. Dikarenakan siswa memiliki latarbelakang dan kepribadian yang berbeda-beda. Latarbelakang yang berbeda-beda merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Dengan demikian, guru harus dapat memahami apa yang terjadi dengan anak didiknya sehingga guru dapat menganalisis permasalahan yang terjadi dengan siswa. Dalam proses pembelajaran seorang guru perlu mengetahui kondisi dan permasalahan yang dialami oleh siswa dalam proses pembelajaran, guru harus berupaya mencari jalan keluar dalam menghadapi permasalahan yang dihadapi siswa agar tanggung jawab guru bekerja secara professional.  

      Motivasi yang diberikan oleh guru bukan hanya berbentuk nasihat atau kata-kata motivasi saja. Akan tetapi seorang guru harus tetap memberikan semangat kepada siswa walaupun hasil yang dicapai oleh siswa belum maksimal, dari hal tersebut guru dapat memberikan motivasi kepada siswa agar lebih giat lagi dalam pembelajaran. Pada kenyataannya, semangat belajar yang dimiliki siswa berbeda dengan siswa lainnya, untuk itu sangat penting bagi seorang guru agar senantiasa memberikan dorongan kepada siswa supaya memiliki semangat belajar yang tinggi dan mampu menjadi siswa yang berprestasi serta dapat mengembangkan diri secara konsisten. Kesiapan belajar yang optimal akan mempermudah siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan aktif, sehingga mudah bagi siswa dalam memahami pembelajaran. Pada akhirnya, motivasi akan berdampak secara langsung pada hasil pencapaian belajar yang diinginkan.

     Peran seorang guru sangat diperlukan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa perlu ditingkatkan lagi. Hal ini dikarenakan banyak siswa yang masih mempunyai motivasi belajar yang kurang. Hal tersebut dapat dibuktikan dari kurangnya konsentrasi siswa dalam memperhatikan pembelajaran, dan siswa yang tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, serta rendahnya semangat antusias siswa selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Disisi lain rendahnya motivasi siswa dalam belajar juga disebabkan oleh beberapa faktor, baik faktor internal maupun eksternal. Oleh karena itu, guru diharapkan dapat mendampingi siswa dalam upaya meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran secara aktif agar dapat membantu siswa dalam meraih prestasi dalam rangka tercapainya tujuan belajar di sekolah.

      Motivasi pada hakikatnya sangat dibutuhkan dalam menumbuhkan kesiapan belajar siswa yang optimal, hal tersebut diharapkan mampu mempermudah siswa dalam mengikuti pembelajaran secara aktif, sehingga mudah bagi siswa dalam memahami pembelajaran. Dengan demikian, perlu adanya peran guru agar motivasi belajar siswa dapat tumbuh secara optimal. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memilih metode pembelajaran yang efektif, memanfaatkan kemajuan teknologi dan memahami karakteristik siswa. Disisi lain, dalam rangka meningkatkan motivasi belajar siswa guru perlu meningkatkan kualitasnya, memaksimalkan fasilitas belajar mengajar, dan menciptakan suasana lingkungan belajar yang menyenangkan. Hal ini, diharapkan agar siswa mampu meraih hasil yang maksimal dalam rangka tercapainya tujuan belajar.

Post a Comment

0 Comments